Global Positioning System

Global Positioning System
Global Positioning System

Global Positioning System (GPS) ialah “satu mekanisme navigasi atau pemasti status berbasiskan satelit yang diperkembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). Mekanisme ini dibuat untuk memberi status dan info tentang waktu, secara bertahap di penjuru dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca. Penetapan status GPS dilukiskan dengan memakai nilai koordinat X dan Y atau garis bujur dan garis lintang ( longitude/latitude ).

system ini dipakai untuk tentukan status pada permukaan bumi dengan kontribusi penyelarasan signal satelit. System ini memakai 24 satelit yang mengirim signal gelombang micro ke bumi. Signal ini diterima oleh alat yang menerima yang berada di bumi, dan dipakai untuk tentukan status, kecepatan, arah, dan waktu. GPS Treker atau kerap disebutkan dengan GPS Treking ialah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkannya pemakai untuk mencari status kendaraan, armada atau mobil pada kondisi Real-Time. GPS Treking manfaatkan gabungan teknologi GSM dan GPS untuk tentukan koordinat sebuah objek, lalu mengartikannya berbentuk peta digital Global Positioning System.

Amerika Serikat yang pertama kalinya dikenalkan awal tahun 1978 dan di tahun 1994 telah menggunakan 24 satelit.Agar bisa ketahui status seorang karena itu dibutuhkan alat yang diberinama GPS reciever yang berperan untuk terima signal yang dikirimkan dari satelit GPS. Status di ganti jadi titik yang dikenali bernama Way-point nanti akan berbentuk beberapa titik koordinat lintang dan bujur dari status seorang atau satu lokasi selanjutnya di monitor pada peta electronic.

Global Positioning System
Global Positioning System

Kegunaaan/Fungsi

1. GPS dipakai untuk kepentingan perang, seperti membimbing arah bom, atau ketahui status pasukan ada. Dengan cara ini karena itu kita dapat ketahui mana rekan mana musuh untuk menghindar salah sasaran, atau menetukan gerakan pasukan.

2. GPS banyak pula dipakai sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa macam kendaraan sudah diperlengkapi dengan GPS untuk alat tolong nivigasi, dengan menambah peta, karena itu dapat dipakai untuk membantu pengendara, hingga pengendara dapat ketahui lajur yang mana seharusnya diputuskan untuk capai arah yang diharapkan.

3. Untuk kepentingan Mekanisme Info Geografis, GPS kerap dilibatkan dalam pembikinan peta, seperti menghitung jarak tepian, atau sebagai rekomendasi pengukur.

4. GPS sebagai pencari kendaraan, dengan bamtuan GPS pemilik kendaraan/pengurus armada dapat ketahui ada dimanapun kendaraannya/asset bergeraknya ada sekarang ini.

5. GPS dengan kecermatan tinggi dapat dipakai untuk mengawasi gerakan tanah, yang ordenya cuma mm dalam satu tahun. Pengawasan gerakan tanah bermanfaat untuk memprediksi berlangsungnya gempa, baik gerakan vulkanik atau tektonik.

Untuk yang lain Global Positioning System (GPS) bisa jadi :
– Pemilihan arah kiblat (Untuk yang Muslim, ini benar-benar berguna khan)
– Petunjuk Jalan saat kita ke arah tempat tertetu yang belum ingat jalannya
– Dan Lain – Lain

Cara Mengoperasikan/memakai

Mekanisme kerja GPS dengan menstransmisikan signal dari satelit ke piranti GPS (portable GPS murni, atau handphone yang telah mempunyai feature GPS). GPS memerlukan transmisi dari 3 satelit untuk memperoleh info dua dimensi (lintang dan bujur), dan 4 satelit untuk tiga dimensi (lintang, bujur dan ketinggian).

Karena GPS bekerja memercayakan satelit, karena itu pemakaiannya dianjurkan pada tempat terbuka. Pemakaian dalam ruangan, atau di lokasi yang merintangi arah satelit (di angkasa), karena itu GPS tidak bekerja secara tepat dan optimal. Tiap wilayah di permukaan bumi ini minimum dapat dijangkau oleh 3-4 satelit. Pada intinya, tiap GPS terkini dapat terima s/d 12 kanal satelit sekalian. Keadaan langit yang ceria dan bebas dari rintangan membuat GPS bisa secara mudah tangkap signal yang dikirim oleh satelit. Makin bertambah satelit yang terterima oleh GPS, karena itu ketepatan yang diberi akan makin tinggi.

Tiap wilayah di permukaan bumi ini minimum dapat dijangkau oleh 3-4 satelit. Pada praktiknya, tiap GPS terkini dapat terima s/d 12 kanal satelit sekalian. Keadaan langit yang ceria dan bebas dari rintangan membuat GPS bisa secara mudah tangkap signal yang dikirim oleh satelit. Makin bertambah satelit yang terterima oleh GPS, karena itu ketepatan yang diberi akan makin tinggi.