Sejarah dan Cara Kerja Jaringan Internet

Sejarah dan Cara Kerja Jaringan Internet
Sejarah dan Cara Kerja Jaringan Internet

Sejarah dan cara kerja jaringan internet – jaringan internet sudah jadi hal yang biasa untuk mayoritas warga bumi dan telah menjadi satu diantara keperluan primer yang harus ada untuk mayoritas orang.

Bagaimana tidak, nyaris segala hal yang kita kerjakan di dunia riil dimulai dari belajar, cari selingan, cari rekan sampai lakukan tugas bisa kita kerjakan secara di dunia maya lewat mediator internet.

Walau sudah jadi hal yang biasa, tetapi kita kadang masih pemula dan tetap tidak mengenali mengenai “apakah itu internet”. Buat menambahkan wacanamu mengenai jagat maya, berikut kami suguhkan sedikit info mengenai internet.

Apa Itu Internet?

Internet ialah sebuah jaringan telekomunikasi komputer paling besar di dunia, yang menyambungkan miliaran piranti elektronik di penjuru dunia. Jaringan telekomunikasi raksasa ini disambungkan secara nirkabel alias wireless lewat mediator signal satelit atau kabel fiber. Jaringan telekomunikasi ini menjadi satu diantara object penemuan yang penting dalam perkembangan dan perkembangan umat manusia.

Sejarah Peningkatan Internet

Internet pertama kalinya diperkembangkan oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat di tahun 1960-an. Pada waktu itu, Departemen pertahanan Amerika Serikat lakukan riset buat membuat sebuah lajur telekomunikasi yang aman di antara dataran Amerika Serikat dan Eropa.

Sejarah dan Cara Kerja Jaringan Internet
Sejarah dan Cara Kerja Jaringan Internet

Proyek riset yang sudah dilakukan oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat itu lalu hasilkan sebuah jaringan telekomunikasi namanya ARPANET.

Sebelumnya, jaringan ARPANET cuma dipakai dilapisan akademiki (lingkungan kampus). Dan, di tahun 1973 insinyur piranti lunak namanya Vint Cerf dan Bob Kahn ikut tergabung dalam proyek riset itu dan hasilkan sebuah standarisasi pada jaringan ARPANET.

Standar-standar baru yang diperkembangkan Vint Cerf dan Bob Kahn lalu dikenali sebagai standard TCP/IP sebagai dasar jaringan internet kekinian sama seperti yang kita mengenal sekarang ini.

Di tahun 1980-an, program ARPANET yang dahulunya didanai oleh Departemen pertahanan sekarang diarahkan dan didanai oleh NSF (National Science Foundation). Tetapi, di tahun akhir 1990-an diera pemerintah presiden Clinton, program itu alami peralihan sumber permodalan. Yang dahulunya didanai oleh NSF (National Science Foundation) diganti dan didanai langsung oleh public dan bidang swasta.

Karena hal tersebut, jaringan internet yang kita mengenal sekarang ini tidak dipunyai dan diatur oleh satu negara.

Langkah Kerja Jaringan Internet

Internet sebagai fasilitas penyambung di antara satu piranti elektronik dengan piranti yang lain yang sama tersambung dengan internet.

Saat satu piranti yang tersambung dengan jaringan internet mengirim sebuah pesan ke piranti lain di internet. Karena itu pesan yang dikirimkan oleh piranti pertama akan diganti dan dibagi jadi beberapa beberapa paket kecil gelombang elektromagnetik berwujud pulsa listrik atau “bit” dan tiap paket itu akan dikirim ke piranti yang menerima lewat kabel-kabel fiber optic atau gelombang radio satellite.

Proses pengangkutan satu paket jalan dengan kecepatan sinar dan akan sampai cepat sekali ke piranti yang menerima dalam perhitungan milidetik.Sesudah piranti yang menerima terima semua kiriman yang dikirim, karena itu piranti itu akan membuat tiap paket yang tiba dan mengartikan isi paket ke wujud sebelumnya.Pada proses pengangkutan pesan itu ada elemen yang lain ikut berperanan penting, yaitu Prosedur.

Secara simpel, prosedur ialah sebuah alat yang berperan untuk memformat paket yang dikirimkan oleh pemakai internet jadi paket yang bisa dikenal oleh semua atau mayoritas piranti, Sejarah dan cara kerja jaringan internet.

Kamu tentu sadar, jika pesan yang dikirimkan di internet bukan hanya berasal dari 1 tipe piranti yang serupa (semerk, semacam, semodel), basis atau software yang menerima dan pengirim paket kadang berlainan (belum juga jika pesannya dienkripsi dengan bermacam tipe enkripsi yang lain).